diposkan pada : 21-03-2024 23:42:46

Ziarah ke Raudhah - Pengalaman Spiritual yang Memperkaya Hati

“Apa yang berada antara rumahku dan mimbarku merupakan taman dari taman-taman surga”, hadits riwayat Al-bukhari dan Muslim.

Dikutip dari Buku Fiqih Umrah karya Ustaz Muhammad Ajib Lc, lokasi Raudhah merupakan bagian dari shaf laki-laki dan hanya terbuka untuk perempuan di jam-jam tertentu. Lokasi Raudhah sebenarnya kecil, kira-kira hanya berukuran22x15 meter persegi dan hanya muat menampung puluhan jemaah.

Ziarah ke Raudhah adalah salah satu pengalaman spiritual yang paling berharga bagi umat Islam yang berkunjung ke Kota Madinah. Raudhah merupakan area kecil di dalam Masjid Nabawi yang dipercaya sebagai salah satu bagian dari surga di bumi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang pengalaman ziarah ke Raudhah, sejarahnya, maknanya, serta bagaimana pengunjung dapat merasakan keberkahan dari kunjungan ini.

Keistimewaan Raudhah

Raudhah banyak dituju para jemaah haji karena diyakini tempat yang mustajab untuk berdoa. Keistimewaan Raudhah yakni doa-doa yang dipanjatkan di tempat ini akan dikabulkan oleh Allah. Selain terdapat makam Rasulullah SAW, di raudhah juga terdapat makam dua sahabat Nabi SAW yakni, Khalidah Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar ibn Khattab.

Sejarah Raudhah di Masjid Nabawi

Raudhah, secara harfiah berarti taman atau surga, adalah area kecil yang terletak di antara mimbar Nabi dan rumah beliau di Masjid Nabawi. Tempat ini dipercaya sebagai salah satu bagian dari surga, di mana doa-doa dikabulkan. Raudhah juga dikenal sebagai salah satu tempat yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW, yang sering menghabiskan waktu di sana untuk beribadah, berdzikir, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Makna dan Keistimewaan Ziarah ke Raudhah

Ziarah ke Raudhah memiliki makna dan keistimewaan yang besar bagi umat Islam. Pengunjung dapat merasakan atmosfer spiritual yang khusyuk dan penuh keberkahan di tempat ini. Dengan berdoa dan berzikir di Raudhah, pengunjung dapat merasakan kedekatan dengan Nabi Muhammad dan mengharapkan keberkahan serta ampunan dari Allah SWT.

Proses Ziarah ke Raudhah

Proses ziarah ke Raudhah dimulai dengan memasuki Masjid Nabawi dan menuju ke area Raudhah. Karena Raudhah adalah area yang relatif kecil dan ramai dikunjungi, pengunjung disarankan untuk bersabar dan berusaha mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalamnya. Setelah masuk ke dalam Raudhah, pengunjung dianjurkan untuk berdoa, berzikir, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tips dan Etika dalam Ziarah ke Raudhah

Ada beberapa tips dan etika yang perlu diperhatikan oleh pengunjung ketika melakukan ziarah ke Raudhah. Pertama, pengunjung disarankan untuk memakai pakaian yang sopan dan rapi. Kedua, pengunjung sebaiknya menghindari berbicara dengan keras atau melakukan hal-hal yang dapat mengganggu orang lain yang sedang beribadah di Raudhah. Ketiga, pengunjung hendaknya membawa hati yang bersih dan terbuka untuk menerima keberkahan dari ziarah ini.

 

Doa ketika memasuki Masjid Nabawi

Berikut doa ketika masuk Masjid Nabawi dikutip dari buku Doa dan Dzikir, Manasik Haji dan Umrah Kementerian Agama RI:

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ , رَبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لىِ مِنْ لَدُنْكَ سُلْطاَناً نَصِيْراً , أَللَّـهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ , وَاغْفِرْ لىِ ذُنُوْبِى وَافْتَحْ لىِ أَبْواَبَ رَحْمَـِكَ وَأَدْخِلْنِى فِيْهاَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .

"Bismillah wa'alaa millati rasulillaahi. Rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waj'al lii min ladunka sulthaana nashiiraa. Allaahumma shalli 'alaa sayyidina Muhammadin wa'alaa aali sayyidina Muhammadin, waghfir lii dzunuubii waftah lii abwaaba rahmatika wa adkhilni fiihaa yaa arhamar raahimiin."
 

Ziarah ke Raudhah adalah pengalaman spiritual yang sangat berharga bagi umat Islam. Dengan merasakan atmosfer khusyuk dan penuh keberkahan di tempat ini, pengunjung dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan kedekatan dengan Nabi Muhammad SAW. Dengan mengikuti tips dan etika yang dianjurkan, ziarah ke Raudhah dapat menjadi momen yang sangat berkesan dan memperkaya hati setiap pengunjung.